Mazda 3, Sebenarnya Mazda 2 Yang Naik Kelas?

Belum lama ini, Mazda berbagi produknya dengan publik lewat gelaran pameran otomotif bertajuk Indonesia International Motor Show ( IIMS ) yang diselenggarakan di Jakarta pada tanggal 25 April lalu. Namun dari total 6 unit model yang dibawa, Mazda 3 jadi sasaran empuk kaum milenial berdompet tebal.

Pada kesempatan tersebut, Mazda mengusung tagline “ Imagine Drive Us “ pada semua seri produk yang dibawanya. Tak heran jika Mazda 3 hadir dengan spesifikasi mumpuni untuk memenuhi ekspektasi konsumen.

Dari segi desain, Mazda 3 memang tidak jauh berbeda dengan produk – produk Mazda sebelumnya, yakni masih dengan tampilan yang stylish dan elegan. Mazda menamai konsep tersebut dengan istilah KODO, yakni desain yang menonjolkan 3 elemen dasar berupa akselerasi, kekuatan dan estetika, yang digabungkan menjadi satu.

Desain Mazda 3 bahkan bisa dibilang sangat mirip dengan Mazda 2 yang dirilis lebih dulu. Perbedaan cukup mencolok hanya terdapat pada segi ukurannya saja yang lebih besar ketimbang Mazda 2, dimana Mazda 3 hadir dengan dimensi panjang 4475 mm x lebar 1795 mm x tinggi 1465 mm dengan jarak sumbu roda 2700 mm.

Berat kotor mobil ini mencapai sekitar kurang lebih 1.3 ton. Hal itu juga dipengaruhi oleh kapasitas mesin yang cukup besar, yakni sebesar 2000 cc. Headlamp yang digunakan juga sudah tipe LED yang dilengkapi dengan fitur auto leveling untuk memudahkan pengendara dalam mengatur intensitas cahaya.

Lebih dari itu, headlamp Mazda 3 juga sudah mendukung teknologi AFC ( Adaptive Front Lighting ) yang memudahkan pengendara ketika melintasi tikungan tajam dan jalan sempit. Teknologi AFC pada lampu depan Mazda 3 akan membuat sorot lampu lebih terarah karena lampu dapat bergerak secara fleksibel mengikuti arah belokan mobil.

Desain Interior Kelas Atas

Masuk ke dalam mobil, anda akan melihat desain interior berkelas, dimana bagian jok dilapisi dengan bahan kulit tebal yang menambah kesan mewah dan premium. Selain itu, jok juga sudah didukung dengan teknologi electric yang memudahkan anda untuk mendapatkan posisi duduk yang nyaman.

Sementara, bagian sistem kemudi mengandalkan tilt steering dan telescopic yang menambah kenyamanan anda ketika bepergian jarak jauh. Dengan teknologi tilt steering,  roda kemudi dapat digerakkan naik atau turun untuk menyesuaikan ketinggian dengan posisi tubuh anda. Dengan begini, perjalanan jarak jauh dapat ditempuh dengan nyaman tanpa menyebabkan pegal di badan.

Fitur telescopic steering juga akan membuat pergerakan roda kemudi menjadi lebih fleksibel karena dapat digerakkan maju atau mundur sesuai dengan ukuran tangan anda.

Spesifikasi Mesin

Tidak hanya dipercantik dengan desain interior yang mengagumkan, mobil ini juga punya performa apik di lintasan aspal. Ditenagai mesin SKYACTIVE-G 2.0 – liter in line 4 cylinder DOHC 16 valve, kecepatan yang dihasilkan sanggup mencapai 165 ps pada putaran 6000 rpm dan torsi puncak mencapai 210 nm pada putaran 4000 rpm tanpa harus menguras bahan bakar.

Mazda 3 juga bisa diajak ngegas dalam kecepatan tinggi tanpa getaran berat. Tidak hanya punya stabilitas tinggi, tangki bahan bakarnya pun cukup besar sehingga sanggup menampung hingga 50 liter bensin.

Sistem navigasinya pun cukup baik karena mobil ini dilengkapi dengan GPS seperti mobil lain pada umumnya. Sehingga anda bisa menjelajahi tempat – tempat asing yang belum pernah anda kunjungi sebelumnya tanpa khawatir akan tersesat.

Ada juga fitur Blind Sport Monitoring ( BSM ) yang membantu anda berkemudi dengan aman. Karena dengan adanya fitur tersebut, jarak antara mobil anda dengan pengendara lain menjadi lebih terjaga. Mazda 3 akan secara otomatis  mengeluarkan bunyi peringatan ketika mobil lain mendekati mobil anda, sehingga anda bisa mengatur kecepatan untuk menghindari kecelakaan.

Pada bagian roda depan, Mazda 3 memilih menggunakan rem cakram dengan tipe break pad ventilated disc, dimana tipe break pad ini sering ditemui pada jenis mobil sport saja. Penggunaan rem cakram tipe ventilated disc akan menghasilkan daya cengkram lebih baik ketimbang tipe solid disc. Selain itu, penggunaan rem jenis ini juga akan memperpanjang umur rotor karena rotor akan mendapatkan suplai udara yang cukup untuk menjaga suhunya tetap dingin.

Pada bagian depan, mobil ini mengandalkan suspensi jenis Macpherson Strut yang siap menahan goncangan untuk membuat perjalanan anda menjadi lebih nyaman. Sementara, pada bagian belakang, Mazda 3 menggunakan sistem suspensi Multi Link yang terkenal canggih dan memiliki kontruksi rumit.

Selama menempuh perjalanan, anda bisa memanfaatkan berbagai fitur hiburan yang tersemat dalam mobil keren ini, seperti MZD Connect yang memungkinkan anda untuk menyetel musik lewat perintah suara mirip Google Assistant.

Ada juga fitur lain seperti Analog Tachometer With Trip Computer, Power Zfold on Outer Mirrors, Active Driving Display dan masih banyak lagi yang lainnya. Namun, tidak hanya dibekali dengan fitur hiburan yang canggih, Mazda 3 juga didukung dengan sistem keamanan yang memadai, mulai dari SRS airbags yang yang akan langsung mengembang ketika terjadi kecelakaan hingga fitur Rear Parking Sensor yang memudahkan anda dalam melakukan parkir mundur.

Leave a Comment